Rabu, 01 September 2010

DOS Tips and Tools


Fungsi Perintah Dos

FDisk.exe
ini memungkinkan penciptaan sektor partisi baru, yang memungkinkan Anda untuk menghilangkan virus yang menjangkiti boot partisi sektor. Jangan menggunakan ini kecuali Anda memiliki salinan lengkap!

SYS.COM
Membuat baru boot sektor dan mengarahkan sistem file ke media. Hal ini dapat memperbaiki sebuah unbootable harddisk. Sekali lagi, hati-hati!


SCANDISK.EXE
Cek dan memperbaiki indeks dan file struktur harddisk, serta lokasi cacat fisik. Jangan gunakan Dos versi lama atau versi Win 3.x.


DEFRAG.EXE
Reassembles file. Jangan gunakan Dos versi lama atau versi Win 3.x Defrag.


MEM.EXE
Cek kapasitas memori.


MSD.EXE
Memberikan rincian pada konfigurasi dan kapasitas memori.


DEBUG.EXE
Jika Anda tahu bahasa assembler, anda dapat menggunakan Debug ke sejumlah alamat error dan port bermasalah. Debug juga cara cepat untuk menguapkan struktur program anda; jangan lakukan apapun kecuali anda tahu apa yang Anda lakukan.

Catatan: Win 98 menambahkan beberapa Goodies untuk menjaga PC yang stabil, dan Windows Millennium menambahkan seluruh bagian yang disebut "Kesehatan PC" yang sangat bermanfaat, meskipun tidak populer universal.

C: \ prompt DOS kepala yang tahu dan cinta adalah yang disebut CLI, atau "command line interface." Wooooo. Want one tersedia setiap saat? Cukup mudah. Klik kanan pada Windows Taskbar, pilih "Toolbars", lalu "Alamat." Sekarang, klik kiri stang, tarik hingga Desktop, dan lepaskan. Klik kanan di dalam kotak yang baru dibuat dan pilih "Selalu di atas." Ukuran seperti yang anda inginkan, memindahkannya ke tempat lain, dan anda dalam bisnis. Memperlakukannya seperti yang lain CLI; program (dan URL) dapat diluncurkan dari toolbar ini.


Cukup mudah untuk membuka folder di bawah MS-DOS prompt. , Pada dasarnya anda ketik perintah yang sama pada prompt seperti yang akan Anda lakukan di bawah Mulai, Jalankan perintah dalam Windows, kecuali kata perintah anda dengan kata "mulai". Misalnya, untuk buka MYFILE.DOC di folder DATA, cukup ketik: START C: \ DATA \ MYFILE.DOC di DOS prompt.

Cara lain untuk membuka folder tertentu di DOS adalah tarik-dan-drop dari folder folder jendela langsung ke DOS prompt. Begini caranya. Buka DOS Windows (Start> Run> ketik Command> tekan Enter). Pada jendela DOS, ketik "cd" diikuti oleh sebuah karakter spasi. Selanjutnya, buka folder jendela, dan arahkan ke folder yang berisi subfolder yang ingin Anda buka sebagai direktori DOS. Sekarang hanya dengan menarik dan melepas subfolder yang menuju jendela DOS tadi. Klik pada jendela DOS manapun untuk memilihnya, lalu tekan Enter untuk membuka direktori dalam jendela DOS. (Catatan: Jika Anda memiliki opsi untuk menampilkan folder yang sedang jalan di folder Alamat bar dihidupkan, Anda dapat menarik dan menjatuhkan sedikit dari folder icon)

Anda juga dapat mengakses Explorer dari DOS prompt. Jika Anda mengetik EXPLORER pada prompt, anda mendapatkan satu panel-jendela dengan fokus pada direktori. Jika Anda lebih suka memiliki dua panel jendela, ketik EXPLORER / E pada prompt.

Win ME bisa digunakan menjalankan program berbasis DOS (kebanyakan permainan) mungkin mengalami masalah karena ME's menolak untuk memproses file AUTOEXEC.BAT dan CONFIG.SYS. Banyak dari program-program ini memerlukan FILE = xx baris ditemukan dalam CONFIG.SYS parameter, di mana xx adalah jumlah file yang tersedia untuk program-program berbasis DOS. Untuk meningkatkan jumlah berdasarkan DOS file dalam Milenium, Anda harus memodifikasi file SYSTEM.INI. Buka SYSTEM.INI di Notepad, dan menemukan [386Enh] bagian kepala. Di bawah tajuk, cari baris yang dimulai: PerVMFiles =. Jika Anda tidak menemukan baris, masukkan hanya bagian bawah kepala. Menyisipkan nomor yang sama setelah tanda akan ditambahkan ke dalam standar 30. Jadi, jika anda memerlukan permainan, mengatakan, 90 file (yang baik untuk memulai dengan angka), buat membaca baris PerVMFiles = 60. Maksimum yang mutlak adalah 255, jadi tidak mengatur PerVMFiles = baris di atas 225. Anda dapat mengetahui lebih lanjut dari Microsoft Knowledge Base di support.microsoft.com / support / kb /
articles/Q269/0/30.asp. Anda juga dapat menemukan artikel Q274646 menggunakan dasar yang sama URL. Artikel kedua akan memberikan info lebih sedikit dari yang saya telah sediakan.

Win 98 yang berisi Resource Kit DOS utilitas bernama WHERE tertentu menemukan bahwa file atau grup file pada hard disk atau LAN. Contohnya, ketik "dimana / r \ *. log" (tanpa tanda kutip) daftar lokasi dari semua file pada saat berjalan dengan ekstensi LOG. Alat pendukung berbagai perintah baris aktif. trick pertama adalah Anda harus memasang Resource Kit: masukkan CD Windows 98 anda, klik dua kali pada setup.exe dari \ ALAT \ RESKIT folder, dan ikuti petunjuk dari sana.

By the way on the way, Windows mendukung file lama, hingga 255 karakter, sedangkan DOS telah terjebak dengan hanya 8. Meski demikian, ada beberapa keterbatasan, terutama untuk menggunakan karakter tertentu. Berikut ini adalah no-nos untuk nama file: / \ ;:*?"<>| Ingin membuat Explorer menampilkan panjang nama file MS-DOS pada judul bar? Dari apapun di dalam jendela Explorer, pilih Lihat / Pilihan. Klik " Lihat "tab, pilih" Tampilkan yang lengkap MS-DOS Path Judul In The Bar ", dan klik OK. Sekarang, bukan saja dari jendela yang terbuka jalan muncul di bar judul, tetapi juga menunjukkan pada Taskbar item terkait (baik jendela yang diminimalkan atau tidak).

Anda mungkin ingin membuat lebih mudah mengakses DOS oleh membawa MS-DOS prompt dari folder Program ke Awal tombol sehingga Anda dapat membuka jendela perintah dengan mudah.

Salah satu yang paling berguna fungsi DOS akses adalah kemampuan untuk bergerak di dalam struktur direktori. Banyak pengguna Windows lupa banyak dari apa yang mereka tahu tentang perintah DOS, dan lebih buruk, Windows telah berubah beberapa perintah parsing. Here's the sederhana perintah untuk bergerak di dalam pohon direktori, semua menggunakan CD atau perintah "Change Directory" :


CD .. Anda bergerak satu direktori tingkat atas (misalnya, C: \ WINDOWS \ Basement \ SUBBASEMENT \ CRAWLSPACE ke CD \ WINDOWS \ Basement \ SUBBASEMENT)

CD ... bergerak anda direktori dua tingkat (dan jika Anda terus menambah waktu, Anda tetap bergerak tingkat atas)

CD \ anda bergerak ke direktori root, tidak peduli berapa tingkat yang dapat

Siap untuk sesuatu yang kesenangan? Membuat sendiri secara otomatis ke DOS prompt setiap kali anda memulai PC anda. Anda harus mengedit file MSDOS.SYS dalam C: direktori, tapi Anda dapat menangani itu. Pastikan Windows menunjukkan semua ekstensi file Anda (di Explorer, melalui Lihat / Pilihan untuk memeriksa opsi ini). Tinggal di Explorer. Menemukan MSDOS.SYS dalam direktori root (mungkin C: folder). Klik kanan file tersebut dan pilih Properties. Pada kotak dialog yang muncul, tidak memberi tanda cek pada Baca Saja-atribut dan klik OK. (Sekarang dari mana anda mendapatkan ke wilayah berbahaya, maka ikutilah petunjuk ini secara tepat sampai selesai.)
Pilih Start / Run dari bagian bawah layar, ketik NotePad C: \ msdos. SYS dalam kotak, lalu tekan Enter. Ketika membuka file di Notepad, mencari kepala Pilihan. Jika anda melihat baris yang dimulai BOOTMENU =, mengeditnya untuk membaca BOOTMENU = 1 (baris jika tidak ada, tambahkan). Ini memaksa Windows untuk menampilkan menu pilihan Anda mulai melupakan setiap komputer Anda. Cukup tekan tombol pilihan yang Anda pilih. Jika Anda membuat burritos dan membiarkan pilihan ke Windows, ia akan memilih mana yang ditetapkan sebagai standar. Untuk menetapkan standar sendiri, anda memerlukan baris seperti BOOTMENUDEFAULT = 1, di mana jumlah sesuai dengan pilihan pada menu Startup. 1 set default untuk Windows, 3 membuat Windows dari Safe mode default (mengapa Anda akan melakukan hal ini, saya tidak tahu), 6 menentukan standar untuk MS-DOS, dll Untuk membuat Windows memberikan jumlah yang berbeda dari waktu ke pilih selain default dari 30 detik, tambahkan baris seperti BOOTMENUDELAY = 10 atau berapapun jumlah detik pemogokan Anda suka. Tambahkan baris BOOTDELAY = 0 untuk mendapatkan ke menu Startup secepat mungkin. Sekarang menyimpan file tersebut dan keluar. Pada saat anda memulai PC anda, untuk mempersiapkan terpesona, atau paling tidak mempersiapkan diri untuk membuat pilihan.

Anda dapat menjalankan program DOS dari Windows meskipun DOS program memerlukan variabel parameter setiap kali dijalankan. Pertama, membuat jalan pintas untuk program ini. Kemudian klik kanan pada shortcut dan pilih "Properties." Klik pada "Shortcut" tab dan menambahkan tanda tanya (?) Ke ujung jalan di "Target" lapangan. Bila Anda menjalankan program dari jalan pintas, akan membuka jendela parameter dimana anda dapat ketik variabel informasi yang dibutuhkan.

Miss the old DOSKEY program? It's still there. Ada secara otomatis terbuka apabila Anda membuka jendela DOS kanan klik icon MS-DOS, pilih Properties, klik pada tab Program, dan pada baris Batch file, mengetik DOSKEY. Close it up and you're good to go.

Ingin membuka jendela DOS di dalam direktori yang sama setiap saat? Klik kanan icon MS-DOS dan pilih Properties. Klik tab Program. Pada "Bekerja" baris, ketik direktori yang akan di buka, dan klik OK.

Banyak permainan ditulis sebagai DOS dan bukan sebagai aplikasi Windows apps. Kadang-kadang ini menyebabkan kesulitan: lambat grafis, program hang, dll Untuk benar ini: Pergi ke My Computer dan menelusuri sampai Anda menemukan yang benar MS-DOS program. Klik File. Pilih Properties / Program / Advanced. Pilih MS-DOS kotak. Ini hampir sepenuhnya menghapus Windows dari memori dan ini memungkinkan untuk menjalankan aplikasi DOS jauh lebih baik dan lancar. Untuk keluar dari mode ini, restart komputer Anda. Beberapa grafik berat-DOS program berjalan dalam modus layar penuh mungkin menderita akibat distorsi dari screen saver yang diaktifkan. Program yang sama dalam menu, pilih Misc. kemudian menonaktifkan "Allow screen saver" kotak. Jika Anda DOS-driven program masih bertindak lemah, cobalah mengaturnya untuk menjalankan program dalam mode DOS jika akan memberitahu Anda. Program ini akan berjalan di bawah DOS, dan ketika Anda keluar dari program ini, komputer Anda akan masuk Windows. Anda dapat selalu restart Windows untuk PC anda datang di atas MS-DOS mode. Sebuah program yang tweaks lama Anda ke dalam video card berjalan pada saat ini VESA standar tersedia dari SciTech, disebut Tampilan Doktor ($ 45). Sepertinya paling berguna sebagai VESA BIOS upgrade untuk keripik tua. Apa artinya ini? Jika anda memiliki kartu video lama dan edisi terbaru Quake XVII berjalan seperti tetes, program ini dapat membantu program berjalan lebih cepat dan lebih lancar.

Jika anda menghabiskan banyak waktu di MS-DOS mode dengan program berbasis DOS, coba ini untuk meningkatkan kinerja. Mengedit file PIF untuk menjalankan SmartDrive dari disk cache, tidak dimuat secara default di MS-DOS mode. Melakukannya dengan membuka C: \ WINDOWS folder, klik kanan di icon Keluar untuk DOS, dan memilih Properties. (Beberapa program DOS memiliki adat PIF file, dan Anda harus melakukannya dengan menggunakan icon-nya.) Klik tombol Advanced dan pastikan modus MS-DOS kotak dicentang. Kemudian centang kotak berlabel Tentukan baru MS-DOS Konfigurasi dan klik OK. Klik pada tombol dan konfigurasi, dari empat pilihan kotak dialog, pilih Disk Cache. Klik OK. Klik OK untuk menutup Advanced Program Pengaturan kotak dan kotak Properties yang berikut. Anda program 'harus memperbaiki kinerja.

Beberapa program DOS tidak akan berjalan jika anda memiliki Windows screen saver. Lemah, huh? Coba ini sebagai endaround: Pergilah ke Explorer dan klik kanan pada icon program DOS. Pilih Properties dan kemudian klik tombol "Misc" tab. Dalam kotak dialog, periksa "Allow screen saver" pilihan. Tutup dialog box. That should do the trick.

Windows 95 pretty much memakan yang lama DOS dan kita semua tahu, er, dicintai, dan semua versi, namun setelah selesai pekerjaan. Salah satu fitur dari DOS 6.x yang hilang di DOS 7.0 (yang Win 95 versi DOS) adalah membantu ekstensif menu. Jika Anda menemukan dalam modus DOS dan lewatkan tua membantu fitur, cari di CD Windows Anda untuk direktori berjudul \ LAIN \ OLDMSDOS (beberapa komputer Mei ini ada pada Windows Companion CD). Copy kedua file, dan QBASIC.EXE HELP.COM ke C: \ WINDOWS \ COMMAND. Tentu saja, sangat ketat untuk menangani file yang ketiga, HELP.HLP, karena dikompresi. Untuk uncompress itu, pertama-tama salin EXPAND.EXE ke WINDOWS \ COMMAND direktori. Kemudian masukkan CD, dan di C: prompt, ketik perintah ini:


Expand D: \ LAIN \ OLDMSDOS \ HELP.HL_ C: \ WINDOWS \ COMMAND \ HELP.HLP

Hal ini memperluas pangsa, beban, dan membantu menginstall data. Sekarang Anda dapat menghapus EXPAND.EXE dari Windows. Tentu saja, jika Anda telah lama 6.x disket DOS, Anda dapat menampilkan file-file ini dari yang disket. DOS 7,0 membantu menyediakan beberapa fungsi: ketik /? di belakang perintah Anda memerlukan bantuan di: misalnya, EDIT /?.

Kadang-kadang layar DOS mengisi layar ketika Windows masih berjalan. Untuk beralih antara layar penuh dan windowed, tekan Alt + Enter. Untuk menampilkan toolbar, klik icon MS-DOS dari jendela di atas pojok kiri dan pilih Toolbar. Jika anda melihat tombol Full Screen (yang satu dengan empat panah), klik untuk masuk ke modus Layar Penuh.

Pada topik program, Anda biasanya lebih makmur mencoba untuk menghindari program-program tidak secara khusus ditulis untuk Windows. Lama program yang ditulis untuk DOS atau versi Windows sering berjalan dengan baik di bawah Windows, tetapi tidak selalu. Terutama menghindari Win 3.x antivirus program, utilitas disk, dan RAM doublers; program-program ini akan melampiaskan malapetaka di Windows. Selain itu, menguninstall program-program ini sering tidak berfungsi dengan baik terutama dengan program-program ini akan berangkat dari bit sendiri strewn seluruh hard drive anda serta clogging up your Registry. Untuk program yang ditulis secara khusus untuk DOS, mungkin bijak untuk keluar dari Windows dan menjalankan program dari C: prompt.

Windows memiliki didokumentasikan DOS yang beralih menghilangkan nama file yang panjang kolom dalam jendela DOS direktori listing. Jenis DIR / Z di C: prompt. Jenis DIR / B untuk menampilkan file lama saja, dan jenis DIR / Z / B untuk menampilkan 8,3 (singkat) nama saja.

Windows dapat lagi menggunakan nama file dengan baik, tetapi lama tersumbat pada aplikasi apapun selama 8 karakter (maka blabla ~ 1.EEK nama file). Jangan menggunakan nama file panjang dengan lama apps. Satu cara yang mudah untuk mengembalikan nama file lama yang telah dipotong adalah untuk memindahkannya ke Recycle Bin, kemudian mengembalikan mereka. Nama file yang akan dikembalikan juga, dalam banyak kasus. By the way, anda dapat menggunakan nama file panjang di DOS prompt dengan mengetikkan mereka dalam tanda kutip: yaitu DIR "SAYA DOKUMEN".

Drag-dan-drop file lama DOS sebagai pengganti mereka. Dari Explorer, folder, atau Desktop, tarik file dan habislah menuju MS-DOS Prompt jendela. Path dan nama file akan muncul pada baris perintah.

Jangan lupa tentang perintah DOS aktif. They're masih ada, mereka siap untuk melakukan pekerjaan. Setiap perintah di DOS, ketik /? setelah perintah untuk mengetahui apa yang tersedia dan aktif apa yang mereka kerjakan.

Anda dapat menyisipkan ke dalam MS-DOS prompt dengan mengklik Tempel (tombol ketiga dari kiri pada toolbar). Jika toolbar tidak muncul di MS-DOS Prompt jendela, klik kanan pada judul bar dan pilih Toolbar.

Copy data dari MS-DOS prompt klik kanan pada judul bar dan memilih "Edit / Mark." Pada MS-DOS Prompt jendela, sorot daerah yang akan disalin oleh bawah menahan tombol kiri mouse dan seret di seluruh data. Tekan Enter, dan anda siap untuk menyisipkan. Cara lain untuk melakukan ini adalah dengan mengklik tombol Mark pada MS-DOS Prompt toolbar, sorot wilayah Anda ingin disalin oleh seret kursor, lalu klik Salin.

Untuk membuat DOS aplikasi di latar belakang, klik pada tombol toolbar Latar. Maka anda dapat membuka kedua jendela DOS dan jalankan perintah saat pertama DOS app berjalan.

Don't like the way jenis DOS muncul pada layar anda? Mengatur jenis ukuran dari DOS prompt dengan membuka kotak dialog Properties, klik Font, dan memilih ukuran font yang dikehendaki dari jendela bergulir. Anda dapat mengatur ukuran font yang berbeda untuk berbagai jendela DOS jika Anda inginkan.

Microsoft memberi kita semua yang lama namun berguna sedikit diagnostik program dipanggil, awalnya cukup, Microsoft Diagnostics. It's a DOS utilitas yang dapat memberikan informasi lainnya Win berbasis utilitas tidak bisa, terutama di diagnosing IRQ konflik yang terus booting Windows dari atas. Berburu di bawah MSD.EXE \ LAIN \ MSD folder pada Windows Anda CD dan menyalinnya ke floppy bootable. Anda mungkin membutuhkannya.

Windows 95 ditingkatkan pada Windows 3,1 's perlindungan untuk DOS memori. Artinya, tidak Windows 95 yang lebih baik dari pekerjaan pastikan bahwa memori yang digunakan oleh DOS program ini tidak menyerang oleh beberapa memori-program lapar. Namun, ini adalah perlindungan memori opsional. Menyalakannya kanan mengklik DOS program pintas, kemudian klik tab Memori. Menempatkan tanda centang di daerah Konvensional Memori dilindungi dari kotak. Lalu klik Apply atau OK, dan memori penjaga siap menyalak. Peringatan: Anda harus membiarkan pilihan ini dimatikan, kecuali program yang telah membuktikan sendiri crash crazy-setan ketika perlindungan. Turning perlindungan pada memori untuk semua program DOS dapat serius memotong ke dalam kinerja sistem.

Win 98/ME pengguna DOS utilitas dalam Resource Kit ini disebut Waktu (TIMETHIS.EXE) yang memberitahu anda hanya waktu yang diperlukan untuk menjalankan perintah DOS. Menemukannya di \ ALAT \ RESKIT \ folder pada Windows Anda CD dan menginstalnya menggunakan setup.exe file.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi para pembaca setia
mohon untuk memberikan komentar anda
apapun komentar anda kami menghargai nya
karna komentar anda merupakan motivasi buat kami